Senin, 24 November 2014

PMR (PALANG MERAH REMAJA) SEBAGAI PERANAN ORGANISASI PEMUDA DALAM MEMBENTUK IDENTITAS DIRI

Ketika saya duduk di bangku SMA, saya mengikuti extra wajib PMR. Karena dengan  mengikuti extra PMR saya mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pola hidup sehat,menjaga kebersihan dan kesehatan. Tidak panik bila terjadi kedaruratan hingga menangani pertolongan pertama pada kecelakaan untuk mencegah hal hal yang lebih berbahaya.PMR juga mengajarkan saya tentang rasa kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesamaan, dan kesemestaan. Seperti halnya prinsip Palang Merah. Selain itu.PMR juga extra yang paling enak, karena PMR itu juga bisa menambah pengalaman, menambah pengalaman, menambah pengetahuan dan memotivasi diri untuk observasi, banyak manfaat yang didapat jika mengikuti PMR.
Dikegiatan PMR saya sebagai koordinator kesehatan, dimana saya yang menangani masalah kesehatan dalam pertolongan pertama,mengatur keadaan uks,dan pengeluaran obat-obatan yang ada di uks. Dalam pelaksanaan Upacara Bendera setiap hari senin dan hari hari besar lainnya, terkadang ada siswa/siswi yang merasa tidak kuat fisiknya untuk mengikuti upacara dan bahkan ada yang sampai pingsan. Dan saya dengan teman teman anggota PMR yang lain ikut dalam penanganan dan perhatian khsus pada mereka.Disitulah PMR mempunyai rasa adil yang cukup besar dalam menangani para siswa yang membutuhkan pertolongan. Setiap Upacara, beberapa anggota PMR ditugaskan secara bergiliran untuk membantu teman-temannya yang membutuhkan.

Berdasarkan pengalaman saya ini, semoga bisa menjadikan motivasi adik-adik yang masih bersekolah di SMP atau SMA, ikutilah kegiatan extrakulikuler yang positif seperti PMR karena akan sangat berguna dan bermanfaat mengisi waktu luang dengan kegiatan.Dan juga mengerti pentingnya dari pengabdian, kerjasama. Salam SIAMO...

1 komentar: